WELCOME

Joint With Us

My Slide

Sabtu, 06 Maret 2010

Format Pengamatan Guru

FORMAT PENGAMATAN GURU BAHASA INGGRIS
DALAM PEMBELAJARAN

Nama Guru : Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Hari / Tanggal : ............................ Pengamat : ..........................


Petunjuk : Amati penampilan guru selama pembelajaran berlangsung.
Lingkari atau beri tanda centang (V) pada tiap butir dalam kolom yang sesuai dengan penilaian anda, yakni 4 = sangat bagus, 3 = diatas rata-rata, 2 = rata-rata, 1 = tidak memuaskan, TT = Tidak terlaksana. Anda dapat juga menulis komentar untuk memberikan tambahan terhadap kriteria, baik lebih maupun kurang dari kriteria yang tersedia.

NO. INDIKATOR Skala Penilaian
I PERSIAPAN 4 3 2 1 TT
1. Guru menyiapkan dan menata kelas dengan baik.
Komentar : ...........................................
..............................................................

2. Guru mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan diajarkan.
Komentar : ...........................................
..............................................................

3. Tujuan pembelajaran tersusun dengan jelas
Komentar : ...........................................
..............................................................

II. PENYAJIAN
1. Penyajian materi mudah dipahami siswa
Komentar : ...........................................
..............................................................

2. Pembelajaran terlaksana dengan lancar, runtut, dan logis
Komentar : ...........................................
..............................................................

3. Penyampaian materi berlangsung dengan irama yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa.
Komentar : ...........................................
..............................................................

4. Arah pembelajaran jelas, konsisten dan siswa bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.
Komentar : ...........................................
..............................................................

5. Materi pelajaran disajikan sesuai dengan tingkat kemampuan pemahaman siswa.
Komentar : ...........................................
..............................................................


6. Guru menjawab pertanyaan siswa dengan santun dan memuaskan.
Komentar : ...........................................
..............................................................

7. Metode yang digunakan sesuai dengan usia dan kemampuan siswa

Komentar : ...........................................
..............................................................
8. Guru mengetahui kapan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi
Komentar : ...........................................
..............................................................

9. Guru tampak peduli dan bersemangat dalam menyajikan materi
Komentar : ...........................................
..............................................................

III. SANKSI / METODE
1. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan bervariasi dan seimbang.
Komentar : ...........................................
..............................................................

2. Guru mampu beradaptasi dengan perubahan situasi yang tidak terduga.
Komentar : ...........................................
..............................................................

3. Materi diberi penguatan.
Komentar : ...........................................
..............................................................

4. Guru berkeliling kelas dan menatap siswa.
Komentar : ...........................................
..............................................................

5. Guru hafal nama siswanya
Komentar : ...........................................
..............................................................

6. Guru memberi penguatan secara positif kepada siswa.
Komentar : ...........................................
..............................................................

7. Respon siswa dijabarkan dengan efektif oleh guru (misalnya, guru menjabarkan berdasarkan urgensi kelas)
Komentar : ...........................................
..............................................................



8. Contoh dan ilustrasi dimanfaatkan secara efektif.
Komentar : ...........................................
..............................................................

9. Piranti pembelajaran atau sumber materi dimanfaatkan secara efektif.
Komentar : ...........................................
..............................................................

10. Tubian dimanfaatkan dan disajikan secara efektif.
Komentar : ...........................................
..............................................................

11. Materi diambilkan dari tubian kontek yang ideal dan diterapkan ke dalam konteks nyata sesuai dengan budaya dan pengalaman pribadi siswa.
Komentar : ...........................................
..............................................................

12. Persepsi guru terhadap kekeliruan siswa.
Komentar : ...........................................
..............................................................

13. Kecukupan terhadap pembenaran kekeliruan siswa.
Komentar : ...........................................
..............................................................

IV KARAKTERISTIK PRIBADI
1. Sabar dalam menjabarkan respon
Komentar : ...........................................
..............................................................

2. Suara guru jelas dan terjangkau bagi seluruh siswa.
Komentar : ...........................................
..............................................................

3. Tampilan pribadi
Komentar : ...........................................
..............................................................

4. Kreatif, inisiatif, dan mumpuni
Komentar : ...........................................
..............................................................

5. Ucapan, intonasi, kelancaran, dan ketepatan dalam menggunakan bahasa mudah dipahami
Komentar : ...........................................
..............................................................

V. INTERAKSI GURU DAN SISWA
1. Guru memacu dan menjamin siswa untuk berpartisipasi di kelas secara penuh.
Komentar : ...........................................
..............................................................
2. Kondisi kelas terasa bebas untuk kegiatan tanya jawab, menyatakan tidak setuju, atau menyatakan ide pribadi.
Komentar : ...........................................
..............................................................

3. Guru mampu mengontrol dan mengendalikan kelas.
Komentar : ...........................................
..............................................................

4. Siswa peduli dan terlibat dalam kegiatan
Komentar : ...........................................
..............................................................

5. Siswa puas dan santai, bahkan selama aktivitas intelektual berlangsung.
Komentar : ...........................................
..............................................................

6. Siswa dilayani dengan adil, tidak membeda bedakan, dan penuh tenggang rasa.
Komentar : ...........................................
..............................................................

7. Siswa dipacu untuk menunjukkan kerja terbaik mereka.
Komentar : ...........................................
..............................................................

8. Suara dan sikap guru terasa mengayomi seluruh siswa.
Komentar : ...........................................
..............................................................

9. Guru menyadari keperluan individu dan keperluan kelompok.
Komentar : ...........................................
..............................................................

10. Kejenuhan dimanfaatkan secara positif dan tidak berlebih-lebihan.
Komentar : ...........................................
..............................................................